Home » » Cara Mudah Mencegah Gigi Berlubang

Cara Mudah Mencegah Gigi Berlubang

Written By Unknown on Rabu, 01 Agustus 2012 | 00.01

Banyak orang beranggapan bahwa tingkat kesehatan seseorang bergantung pada bagaimana ia merawat gigi. Tak hanya itu, gigi juga bisa menjadi indikator apakah seseorang itu rajin merawat tubuh atau tidak.
Mempunyai gigi berlubang tentu bisa menjadi bencana karena selain akan mengeluarkan bau tak sedap, gigi berlubang juga akan menyebabkan beberapa penyakit lain. Sumber utama terjadinya gigi berlubang adalah karena kurangnya perawatan gigi yang diimbangi dengan mengkonsumsi makanan manis dan merusak gigi. Berikut ini beberapa tips mencegah gigi berlubang:

1. Tinggalkan rokok dan alkohol
Selain berbahaya bagi tubuh, rokok dan alkohol sangat berpengaruh bagi kesehatan gigi. Bahkan, perokok mempunyai resiko empat kali lebih tinggi menderita penyakit gigi dan gusi dibandingkan dengan non-perokok. Sedangkan konsumsi alkohol dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan iritasi pada gusi, gigi, lidah, dan jaringan mulut lain.
2. Kurangi makanan yang mengandung gula dan lengket
Mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung gula tanpa perawatan yang baik tentu saja dapat menyebabkan gigi menjadi berlubang. Konsumsi makanan yang mengandung gula secara otomatis membantu mulut memproduksi asam. Hal ini akan menyebabkan proses demineralisasi atau proses melepasnya mineral dari gigi. Sebaiknya, perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah, selain baik bagi tubuh, sayuran dan buah juga baik bagi kesehatan gigi karena dapat membantu remineralisasi gigi.
3. Berkumur
Jika Anda seringkali tak sempat menggosok gigi 30 menit setelah makan, sebaiknya gantikan dengan berkumur menggunakan air teh tanpa gula. Air teh tawar dapat menjaga kesehatan dan membantu remineralisasi pada gigi.
4. Rajin menggosok gigi
Yang terpenting dari kegiatan mencegah gigi berlubang adalah rajin menggosok gigi. Setidaknya, lakukan kegiatan menggosok gigi dua kali sehari untuk mencegah timbulnya plak dan gigi berlubang. Cara menggosok gigi yang benar pun juga menentukan kesehatan gigi dan mulut. Gosok gigi dari atas ke bawah untuk menjangkau bagian-bagian gigi yang tidak terjangkau. Jangan lupa juga menggosok lidah, karena lidah mengandung lebih banyak bakteri yang akan menyebar pada bagian mulut.
Share this article :

Ditulis Oleh Berita Terbaru Dalam Kategori : KESEHATAN

Artikel Cara Mudah Mencegah Gigi Berlubang ini diposting oleh Berita Terbaru Online pada 00.01. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

mas template
 
Support : Berita Informasi Terbaru | Berita Terbaru | Zhaly Sasak
Copyright © 2013. Berita Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger