Home » » Rakus,Cendol pun Diklaim Milik Malaysia

Rakus,Cendol pun Diklaim Milik Malaysia

Written By Unknown on Rabu, 20 Juni 2012 | 16.07

Ups, Cendol pun Diklaim Milik Malaysia
Unik-Aneh.com - Minuman cendol ternyata diklaim milik Malaysia, selain Tari Tor - Tor dan Gordang Sambilan. Makanan ini dianggap sebagai budaya yang sudah ada di Malaysia sejak lama.

"Itu kami ketahui dari Akta Warisan Kebangsaan Budaya Malaysia," jelas Wakil Menteri Bidang Kebudayaan, Wiendu Nuryanti, saat rapat dengan Komisi X DPR, Rabu (20/6). Selain cendol, Malaysia juga mengklaim Tari Zapin, Rendang, dan Gamelan, sebagai warisan budaya mereka.

Zapin merupakan hasanah tarian rumpun Melayu yang mendapat pengaruh dari Arab. Tari Zapin pada mulanya merupakan tarian hiburan dikalangan raja-raja di istana setelah dibawa oleh para pedagang-pedagang di awal abad ke-16.

Tarian tradisional ini bersifat edukatif dan sekaligus menghibur, digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair lagu-lagu zapin yang didendangkan. Musik pengiringnya terdiri dari dua alat yang utama yaitu alat musik petik gambus dan tiga buah alat musik tabuh gendang kecil yang disebut marwas.

Rendang dikenal sebagai masakan khas Sumatra. Masakan ini berupa daging, dimasak dengan santan yang dimasak hingga menghitam.

Gamelan merupakan alat musik yang biasa digunakan untuk mengiringi tarian di Tanah Jawa. Sedangkan cendol adalah minuman yang biasa dicampur dengan air gula dan santan yang berasal dari Indonesia.
Share this article :

Ditulis Oleh Berita Terbaru Dalam Kategori : BERITA

Artikel Rakus,Cendol pun Diklaim Milik Malaysia ini diposting oleh Berita Terbaru Online pada 16.07. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

mas template
 
Support : Berita Informasi Terbaru | Berita Terbaru | Zhaly Sasak
Copyright © 2013. Berita Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger