Home » , » 5 tips cerdas mengecek mesin mobil bekas(wajib)

5 tips cerdas mengecek mesin mobil bekas(wajib)

Written By Ariel Noah on Jumat, 01 Juni 2012 | 14.38



Membeli mobil bekas memang terkadang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi . Pemeriksaan mesin pada mobil bekas yang Anda hendak beli merupakan bagian yang paling penting. Secara umum petunjuk membeli mobil bekas yang pertama dan harus di perhatikan adalah mesin dan komponen dalam mobil bekas tersebut Karena jika salah melakukan pemeriksaan pada mesin, maka Anda akan mengeluarkan biaya yang sangat besar di kemudian hari.
Berikut ini adalah 5 tips cerdas mengecek mesin mobil bekas yang perlu di lakukan saat membeli mobil bekas :

1.Cek Oli Mesin
Pastikan bahwa pergantian oli dilakukan secara berkala dengan cara melihat catatan servis berkala yang dilakukan pemilik.
Periksa kapasitas oli mesin dengan kondisi mesin mati. Cabut tongkat indikator oli. Bersihkan dan masukkan kembali, setelah itu tarik lagi. Periksa tingkat ketinggiannya. Normalnya ketinggian oli ada di antara tanda LOW dan FULL. Jika oli berada di level paling bawah dan terlihat sangat kotor, bisa pertanda buruk. Pasalnya, besar kemungkinan oli ikut masuk ke ruang pembakaran. Kemungkinan lainnya adalah oli jarang diganti pada waktu yang lama

2.Cek tangki bensin
Kemudian lihat baut tutup tangki bensin, apabila ada tanda bekas dibuka berarti mobil pernah dicat karena tutup tangki ini biasa dipergunakan untuk menyamakan warna.

3.Perhatikan kondisi mobil dengan seksama
Pastikan mesin mobil tidak terlihat kotor, tercium aroma oli terbakar di bawah kap mesin, adanya karat di ujung terminal baterai aki, oli bocor, dan semua hal yang menandakan minim perawatan. Teriminal aki yang kotor biasanya terdapat karat & sedimen (kerak).

4.Cek Odomoter
Satu lagi jurus sederhana yang bisa Anda terapkan sebelum meminang mobil bekas idaman adalah mengecek kondisi kesehatan odometer. tapi sebaiknya odometer jangan jadi patokan. Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum jika komponen ini dapat diutak-atik.  Caranya pengecekannya odomoter analog  jika kendaraan dalam kondisi berjalan, jarum tidak stabil atau bergetar. Untuk odometer digital caranya sedikit sulit. Secara kasat mata tidak bisa dilihat, tapi coba perhatikan dengan seksama baut-baut yang ada di dashboard. Jika ada yang cacat, tandanya dashboard sudah pernah dibuka.

5.Periksa juga apakah ada kebocoran oli di ruang bakar
 Untuk mengetahuinya periksa asap yg keluar dari knalpot. Jika berwarna biru/putih mengindikasikan bahwa ada kebocoran oli di ruang bakar. Bila hitam menandakan ada bahan bakar yang terbakar tidak sempurna dan ini berarti mobil lebih boros BBM.

Nah,cukup sekian dari 5 tips cerdas mengecek mesin mobil bekas ini selama kita meneliti dulu sebelum membeli, meskipun mobil bekas, rasanya bakal tetap seperti baru!

Pengirim:(Iqbal Maulana)

Share this article :

Ditulis Oleh Berita Terbaru Dalam Kategori : Otomotif / Tahukah Kamu

Artikel 5 tips cerdas mengecek mesin mobil bekas(wajib) ini diposting oleh Berita Terbaru Online pada 14.38. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

0 komentar:

mas template
 
Support : Berita Informasi Terbaru | Berita Terbaru | Zhaly Sasak
Copyright © 2013. Berita Terkini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger